Thursday, April 1, 2010

Debat Publik Dengan 3 Pakar

  Pada suatu hari yang cerah, ada tiga orang bijak yang pergi berkeliling Indonesia untuk memperoleh jawaban atas pertanyaan yang sangat mendesak. Akhirnya setelah beberapa lama berkeliling, mereka sampai di desa tempat tinggal Gayus (bukan pegawai pajak lho!)
  Orang-orang di desa tersebut mengajukan Gayus sebagai orang yang paling bijak di antara mereka. Lalu Gayus pun menemui 3 pakar tersebut. Orang yang pertama bertanya pada Gayus, "Di manakah sebenarnya pusat bumi ini?"
  Gayus menjawab, "Tepat dibawah telapak kaki saya, Tuan!"
  "Bagaimana bisa anda membuktikan hal itu?" tanya si penanya tadi.
  "Kalau tidak percaya, ukur saja sendiri!" jawab Gayus. Orang itupun lalu terdiam dan tidak bisa menjawab. Lalu giliran orang yang kedua mengajukan pertanyaan. "Berapa banyak jumlah bintang yang ada di langit?"
  "Jumlahnya sama dengan rambut yang ada di tubuh kerbau milik saya ini."
  "Bagaimana anda bisa membuktikannya?"
  "Kalau sampean tidak percaya, coba aja hitung sendiri!"
  "Itu sih akal-akalan dan goblok-goblokan." Kata orang itu.
  
  "Nah, kalu saya goblok menjawab, berarti sampean juga goblok bin tolol. Gimana bisaorang menghitung bintang di langit?" jawab Gayus. Sekarang majulah orang yang ketiga dan dengan ketus ia bertanya. "Kelihatannya anda tahu banyak tentang kerbau. Coba katakanlah berapa banyak bulu yang ada di tubuh kerbau milik anda."
  "Saya tahu jumlahnya." jawab Gayus. "Jumlahnya sama dengan jumlah kumis anda, Tuan!"
  "Kok bisa? Gimana cara anda membuktikannya?" tanya orang itu.
  "Oh, itu gampang aja. Anda mencabut bulu dari tubuh kerbau milik saya, dan saya yang akan mencabuti kumis anda. Kalu jumlahnya sama berarti saya benar, kalau jumlahnya beda, berarti saya yang salah. Gimana?"
  Mendengar hal itu tentu saja orang itu tidak mau menerima cara Gayus. Dan orang-orang desa pun mengatakan kalu Gayus lebih pintar dari ketiga orang tersebut.

No comments:

Post a Comment